my blog


Click here for Myspace Layouts

Senin, 26 Desember 2011

The Liter of Light Proyek Lampu Tenaga Surya Bahan Bakar Botol Plastik Bekas






My Shelter Foundation, sebuah yayasan sosial di Filipina sekira 6 bulan lalu meluncurkan proyek The Liter of Light. Organisasi non pemerintah yang bermaskas di Filipina ini menargetkan untuk dapat menyediakan cahaya untuk 1 juta rumah, yang masih belum memiliki listrik, serta untuk mereka yang dalam ambang pemutusan listrik.
Proyek ini tidak menggunakan teknologi yang super canggih ataupun teknologi super mewah,  percaya atau tidak, proyek yang dilakukan oleh My Shelter Foundation ini menggunakan botol plastik yang diisi larutan air yang telah diberi pemutih, lalu dimasukkan ke lubang di atap rumah-rumah di kota kumuh tersebut. Kemudian,  botol tersebut akan memantulkan cahaya matahari setara 55 watt ke dalam ruangan yang kemudian dibiaskan selama siang hari, setidaknya. Dibutuhkan lima menit untuk membuat lampu tenaga surya dari botol plastik bekas tersebut.
Sebenarnya ini bukanlah ide yang baru, karena sebelumnya ide pembuatan lampu tenaga surya dari botol plastik telah dikembangkan Alfredo Moser, di Brazil, pada 2002. Namun bola lampu ramah lingkungan dari Filipina ini jauh lebih ramah lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar